Just another Blogger Theme9 Demos site

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 20 Desember 2014

Silent Hill Review Ketakutan Dalam Definisi Tinggi

at  09.21 -  by java_games 0



Sudah bukan rahasia lagi jika konsep HD Remake kini memang sedang menjadi tren yang sedang digandrungi oleh para publisher dan developer. Bagaimana tidak? Dengan ongkos produksi yang begitu minim, mereka berkesempatan untuk mendulang keuntungan dalam jumlah yang besar, apalagi jika yang dihadirkan merupakan franchise yang begitu populer di masa lalu. Sayangnya, sebagian besar game-game HD Remake ini dibuat dengan “setengah hati”, dengan hanya memperbesar resolusi tanpa memberikan perbaikan grafis yang signifikan. HALO Combat Evolved Anniversary masih menjadi game HD Remake terbaik hingga saat ini. Namun sayangnya, apa yang dilakukan oleh 343 Industries ini tidak diikuti oleh developer dan publisher yang lain, termasuk yang sekelas Konami sekalipun.
Gamer yang mencintai game-game bergenre survival horror tentu sudah sangat menunggu kehadiran Silent Hill HD Collection yang dipersiapkan oleh Konami sebagai paket HD Remake untuk dua judul Silent Hill di Playstation 2: Silent Hill 2 dan Silent Hill 3. Setelah cukup lama dirumorkan akan hadir, Silent Hill HD Collection akhirnya dirilis juga secara resmi untuk Playstation 3 dan XBOX 360. Menemani seri terbaru Silent Hill: Downpour (yang sedang berusaha kami review saat artikel ini ditulis), Silent Hill HD Collection dihadirkan untuk memberikan gambaran yang lebih menyeluruh tentang franchise ini, terutama bagi gamer yang baru mengenal Silent Hill untuk pertama kalinya. Bagi sebagian besar gamer lawas seperti kita? Ini akan menjadi kesempatan untuk bernostalgia pada sensasi ketakutan yang ditawarkan oleh seri Silent Hill di masa lalu.
Memang agak sedikit terasa kurang lengkap tanpa kehadiran Silent Hill pertama untuk menjadikan HD Collection ini pantas untuk disebut sebagai “Collection”, namun Konami tampaknya lebih memilih untuk tidak merepotkan diri merilis ulang game Playstation yang tentu hadir dengan grafis dan resolusi yang jauh lebih buruk daripada game di Playstation 2. Namun keputusannya untuk memilih Silent Hill 2 dan 3 sendiri sudah patut diacungi jempol, karena kedua seri inilah yang dianggap masih membawa “esensi” yang saat ini seolah terlupakan dari sebuah game Silent Hill. Kita tidak hanya membicarakan masalah kabut dan monster, tetapi juga misteri, horror, bulu kuduk yang terus berdiri konsisten, dan emosi yang bercampur aduk di dalamnya. Kesempatan itu akhirnya datang kembali.
Pertanyaannya tentu kini hanya satu, sebaik apakah Silent Hill HD Collection ini mampu menempatkan diri sebagai sebuah game definisi tinggi yang mengikuti teknologi  konsol saat ini?
Silent Hill HD Collection yang kami mainkan ini adalah versi XBOX 360. Karena tidak ada perbedaan yang signifikan dengan versi Playstation 3 dan untuk memastikan managemen konten yang lebih mudah bagi pembaca, kami menempatkanya di sesi Playstation

Silent Hill 2


Silent Hill 2 harus diakui merupakan satu-satunya seri yang mampu menghadirkan sensasi dan mekanisme yang sama dengan Silent Hill pertama yang fenomenal. Penerimaan yang begitu positif dari kalangan gamer di kala itu membuktikan keberhasilan Konami menghadirkan Silent Hill sebagai game yang mengusung tema “survival” dan “horror”, bertolakbelakang dengan game bergenre sama – Resident Evil yang memang sudah mulai jatuh ke arah action. Silent Hill 2 adalah salah satu seri terbaik dari keseluruhan franchise Silent Hill.

Apakah Lebih Baik dengan HD Remake?

Konami tentu tidak menghadirkan perubahan plot sama sekali untuk Silent Hill 2 HD Remake ini.  Bahkan mereka juga tetap menambahkan alternatif scenario versi re-release “Born From A Wish” yang berfokus pada petualangan Maria, karakter wanita yang begitu merepresentasikan “istri” James, sang karakter utama. Kualitas definisi tinggi yang diusung sayangnya terhitung kurang sempurna untuk sebuah game HD Remake. Seperti kesalahan yang dilakukan oleh Capcom di RE: Code Veronica HD Remake, Silent Hill 2 definisi tinggi ini juga tampil “setengah hati”. Konami bahkan tidak berupaya untuk menghadirkan FMV dalam definisi tinggi dan hanya terkesan memaksanya untuk tampil dalam 720p. Imbasnya? Kualitas yang terlihat kabur dan pecah. Di sisi gameplay juga tidak banyak berbeda. Walaupun ada sedikit peningkatan pada level detail, namun Anda secara jelas akan melihat begitu banyak “noise” yang cukup menganggu di layar. Intinya? Untuk mengusung nama HD Remake, Silent Hill 2 tidak menunjukkannya sebaik yang diharapkan.









java_games


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Nam molestie molestie nisl, eu scelerisque turpis tempus at. Nam luctus ultrices imperdiet.
View all posts by java_games →

0 komentar:

Proudly Powered by Blogger.
back to top